Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh…

Selamat datang di Situs Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam.
Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan rahmat-Nya, sehingga situs ini akhirnya dapat kami persembahkan kepada pengguna jasa sekalian dan masyarakat pada umumnya yang ingin konsultasi, menyampaikan keluhan, maupun hanya sekedar mencari informasi berkenaan dengan kepabeanan dan cukai.

Keberadaan Bea dan Cukai di Batam tak bisa dipisahkan dari sejarah panjang perkembangan perekonomian Indonesia. Letak Pulau Batam yang strategis di persimpangan jalur perdagangan dunia, menjadi alasan khusus bagi pemerintah untuk membuat kebijakan khusus dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di sini. Diresmikannya Batam sebagai Free Trade Zone juga merupakan tugas yang tidak dapat dianggap ringan, justru menjadi tantangan sekaligus kendala dalam melakukan pengawasan secara optimal, mengingat Luasnya wilayah yang harus diawasi, termasuk banyaknya pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Batam. Belum lagi banyaknya pelabuhan masuk yang terdapat di Batam, baik pelabuhan resmi yang sebagian besar masih belum menerapkan ISPS Code, maupun pelabuhan tidak resmi yang merupakan pelabuhan rakyat yang sering disebut sebagai pelabuhan tikus.

Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, dengan mengandalkan kinerja sumber daya manusianya yang memiliki integritas tinggi, reformis, dan mempunyai komitmen kuat dalam menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari unsur korupsi, kolusi dan nepotisme, berupaya memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai melalui cara kerja yang cepat, efisien, transparan dan responsif atas kebutuhan pengguna jasa. Seiring dengan tekad kuat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Demi mewujudkan cita-cita luhur itulah kami hadir disini, dan berusaha semaksimal mungkin menghadirkan informasi yang berguna, transparan, akurat dan terpercaya. Semoga situs ini dapat menjembatani kesalahpahaman atau ketidakjelasan pengguna jasa atas peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku khususnya dibidang kepabeanan dan cukai.

Sebagai penutup ijinkan kami menyampaikan beberapa bait pantun..

Dek terpana memandang riak ombak ditepi pantai
Laksamana datang tak ada yang pedulikan

Dek banyak informasi penting yang tak sampai

Salah paham
dan salah pengertian tak lagi terelakan

Meski Kartini tak secantik luna maya
Namun cantik hatinya terkenang sampai mati
Meski kami hanya hadir di dunia maya
Semoga bisa memberi informasi yang berarti

Akhir kata, Billaahi Taufiq wal Hidayah
Wassalaamu'alaikum wahmatullaahi wabarokaatuh..

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam

 

rssfix

Anda berada disini: Beranda Berita Berita Utama Kata Pengantar