Perusahaan dari Masa Depan

Amazon adalah sebuah perusahaan khusus dan Jeff Bezos adalah seorang enterpreneur yang memiliki pikir an sangat berbeda dengan pesaingnya, seperti Google dan Facebook. Perusahaannya berdiri dari hasil perhitungan dingin, bukan berasal dari mimpi seorang insinyur. Ketika Bezos mendirikan Amazon pada 5 Juli 1994 (masih dengan nama Cadabra), ia tidak hanya ingin menjual buku secara online.

Analisisnya yang dilatih di Wall Street melihat bahwa buku merupakan pasar yang bisa tumbuh dengan cepat. Dari catatan seorang Brad Stone (Jurnalis Amerika yang tahu tentang pemikiran perusahaan) dan beberapa mantan karyawannya: Jeff Bezos dikenal sebagai sosok manajer yang “dingin” tetapi memiliki visi ke depan. Bezos sering memberikan tekanan besar pada karyawannya dan selalu ingin menjadi micro manager (seseorang yang tahu dengan detail setiap pixel di website perusahaannya).

Walau perusahaannya bagus, tetapi ia hampir tidak pernah menghibur teman-temannya dan secara sepihak mengambil-alih sebuah perusahaan surat kabar bobrok dan mendorongnya agar bisa bersaing dengan kompetitor. Di luar hal tadi, Jeff Bezos merupakan sosok seorang manajer yang hampir tidak pernah mengungkapkan pribadinya dibalik sikap ekstrovert-nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *