Kenyamanan Menghuni

Renovasi besar-besaran mulai berjalan di rumah Anda. Membobok dinding, hingga mengecor beton— bila Anda berencana menambah t ngkat lantai di rumah Anda—merupakan pekerjaan lapangan yang akan mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga. Terlebih lagi, bila Anda hanya menyisakan 1 atau 2 ruang yang t dak direnovasi. Padahal, proses renovasi rumah terbilang t dak sebentar. Butuh waktu sekitar 3 bulan hingga 1 tahun pembangunan, hingga rumah Anda benar-benar selesai direnovasi.

Tip: Salah satu cara yang paling mudah, adalah pindah sementara ke sebuah rumah sewaan. Namun, bila Anda ingin menghemat biaya, lebih baik Anda melakukan proses renovasi secara bertahap, sehingga Anda masih memiliki ruang-ruang lain untuk dihuni.

Persoalan dengan Tetangga Biasanya, proses pembangunan renovasi akan meninggalkan keluh kesah dari lingkungan sekitar, mulai dari terjadinya kebisingan—terutama ket ka pengecoran—, hingga peletakan material bangunan secara sembarangan. Alhasil, masalah-masalah ini dapat memicu pertengkaran dengan masyarakat sekitar, khususnya para penghuni jalanan yang sama.

Tip: Sebelum proses renovasi berlangsung, ada baiknya Anda memohon perizinan dari tetangga sekitar, yang biasanya diwakili oleh Rukun Tetangga (RT) ataupun Rukun Warga (RW). Lebih baik, Anda melakukan proses renovasi yang menghasilkan kebisingan di pagi dan siang hari, dimana para tetangga sedang bekerja di luar rumah. Selain itu, tak ada salahnya bila Anda mulai membuat tempat penyimpanan material, sehingga t dak menghalangi jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *