Kabur Karena Ular

NITI Laku Perguruan Kebangsaan, yang menjadi puncak Dies Natalis Universitas Gadjah Mada ke-67 pada 18 Desember lalu, menyisakan kenangan menyenangkan juga menggelikan bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia sempat lari terbirit-birit ketika diajak berfoto bersama alumnus Fakultas Kedokteran Hewan. ”Yang ngajak foto itu ada yang membawa ular,” ujarnya Rabu pekan lalu. Ganjar geli terhadap ular. Maka, daripada harus berdekatan dengan hewan melata itu, ia memilih kabur.

”Saya lari, lalu dikejar-kejar sama mereka,” katanya, tergelak. Meski ogah diajak berfoto, Ganjar tetap menasihati para dokter itu agar tak selingkuh dengan pasiennya. ”Ya iyalah, masak selingkuh sama hewan, ha-ha-ha…,” ujar Ketua Umum Keluarga Alumni UGM ini. Kegiatan Niti Laku dilakukan dengan berjalan kaki dari Pagelaran Keraton Yogyakarta menuju Balairung UGM. Ganjar ikut dalam kegiatan napak tilas itu. Selain banyak yang mengajaknya berfoto, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini sempat iseng menggoda alumnus yang berjalan di depannya. ”Saya colakcolek mereka,” tuturnya.

Karena Ganjar memakai pakaian veteran, yang tak biasa dikenakannya, alumnus yang dicoleknya kebingungan. Ia pangling saat melihat Ganjar. Ketika tersadar yang mencoleknya adalah Gubernur Jawa Tengah, yang dicolek tersenyum dan mengajaknya berswafoto. ”Begitu satu foto, yang lain ikut,” ujar alumnus Fakultas Hukum UGM angkatan 1987 ini. Menurut Ganjar, Niti Laku berlangsung lancar dan meriah. Bukan hanya alumnus universitas tertua di Indonesia itu yang turut serta, masyarakat sekitar juga ikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *