Berselimut Cangkang Metal

Kapasitas besar pada Power Bank kerap tertera di tubuhnya. Besarnya pun kadang fantastis. Tapi apakah benar kapasitasnya sesuai? Butuh cek dan ricek sebelum membeli peranti penyuplai daya ini. Bisa benar tapi banyak pula yang palsu. Anda harus kenali dulu brand-nya agar tak mudah tergoda kapasitas leganya. Sama dengan persaingan di segmen ponsel. Persaingan Power Bank pun cukup ketat. Brand lokal dan global saling sikut. Samsung, Sony, Xiaomi, boleh jadi mewakili kelas branded. Sementara Advan, Evercoss, dan lainnya menjadi jagoan di lokal. Nah, dari sekian banyak Power Bank yang berkualitas, PNY menjadi salah satu produk jempolan. Berbekal pengalaman sejak 1985, PNY menjadi salah satu Power Bank yang bisa memberi keamanan saat melakukan pengisian baterai. Tertarik untuk mengulik salah satu variannya, SINYAL menjajal PNY Power-T531. Ini dia ulasannya.

Berselimut Cangkang Metal

Desain

Bentuk kotak laksana ponsel diadopsi T531. Berwarna silver membuatnya terkesan elegan. Cocok dengan mereka yang menyukai keseriusan berbisnis. Dimensinya mirip dengan kotak bungkus rokok. Sehingga mudah dikantongi di saku celana. SINYAL mencoba menyelipkannya di saku celana belakang sambil mencharge ponsel di saku depan. Tetap nyaman dan tidak mengganggu. Karena tak terlampau tebal bodinya. Pada detil bodi, hanya ada satu tombol power yang berfungsi untuk menghidup/matikan Power Bank. Posisinya ada di tepi atas bodi berdampingan dengan microUSB input untuk men-charge baterai bila sudah kosong. Cukup empuk ketika ditekan dan responsif untuk melakukan feedback pen-charger-an. Di dekatnya terdapat beberapa lampu indikator berwarna biru. Tiap lampu memiliki tanda kekuatan baterai. Bagian paling kiri menunjukkan indikator lampu kurang dari 25%, lampu kedua 25- 50%, lampu ketiga lebih dari 50-75%, dan terakhir 75-100% .

Kinerja

Secara kebetulan SINYAL melakukan pengujian dengan LG G2 yang mempunyai kapasitas batera 3000 mAh. Dibutuhkan waktu 3-4 jam untuk membuat baterai LG G2 kembali penuh. Setelahnya, baterai Power Bank masih menyisakan 25-50% karena lampu indikator tengah masih menyala. Begitu masuk pengisian kedua, Power Bank tidak mampu untuk kembali mengisi G2 dengan penuh. Saat kondisi baterai PNY T531 kosong, SINYAL melakukan pengisian dengan charger berkekuatan 1,8 ampere. Alhasil, cukup lama baterai kembali terisi penuh.

Mungkin sekitar 4-6 jam (bisa diisi saat malam hari saat tidur). Tapi itu bukan masalah karena fungsi baterai utama di ponsel bisa disokong Power Bank untuk kebutuhan yang lebih penting di pagi hingga malam hari. Di boks pembungkusnya tertera produk baterai ini bergaransi satu tahun. Artinya, kurang lebih satu tahun produk ini bisa bertahan secara optimal. Selebihnya tidak direkomendasikan untuk dipakai kembali, karena bisa membahayakan produk gadget yang di-charge. Sebab bisa saja arus tidak stabil sehingga terjadi korsleting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *